Rabu, 03 Agustus 2016

Cara membuat Blog Pribadi pada Blogger

Cara Membuat Blog di Blogspot

1.        Untuk cara membuat blog di Blogspot gratis, silahkan menuju blogger.com dan login menggunakan akun Google. Jika belum memiliki akun Google (akun Gmail) silahkan daftar terlebih dahulu.



2.      Setelah login kita akan menghadapi pilihan untuk menggunakan identitas, kita dapat memilih             profil Google plus atau menggunakan profil Blogspot. Lebih di sarankan memilih profil Google         plus.
3.      Kemudian setelah mempunyai akun maka masuklah di blogger dasboard (admin)



4.      Setelah itu kita akan melihat halaman membuat blog di blogspot seperti gambar berikut. Pada             halaman ini kita akan melihat daftar blog yang telah dibuat, karena kita baru akan memulai dalam       membuat blog maka kita belum melihat daftar blog tersebut, untuk memulai membuat blog                 silahkan klik tombol ” Blog Baru “.


5.      Kemudian kita sudah ber di daftar blog baru, isikan nama blog anda, dan isikan juga nama alamat       URL blog tersebut.


6.      Sekarang blog kita sudah dibuat tetapi belum selesai sepenuhnya. Ada beberapa pengaturan yang perlu kita lakukan pada blog yang baru dibuat, seperti merubah template dan menambah halaman. Sekarang kita berada di dashboard Blogspot di mana kita akan melihat backend blog dan bisa pergi ke pengaturan dan membuat perubahan untuk meningkatkan visibilitas blog. Berikut adalah screenshot dashboard beserta penjelasan:




Keterangan nomor pada gambar
·      Nomor 1 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat blog baru
·      Nomor 2 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin membuat post baru
·      Nomor 3 merupakan tombol yang bisa kita gunakan jika ingin melihat blog secara live
·      Nomor 4 merupakan daftar shortcut menuju pengaturan, post, dan lain-lain
7.        Setelah kita mengenal fungsi dari dashboard blogspot/blogger, silahkan anda klik menu “ Ikhtisar ” untuk melihat daftar menu dalam memulai membuat post, halaman, sampai mengatur adsense pada blog kita.
8.        Untuk melihat tampilan blog yang sudah dibuat, silahkan klik “Lihat Blog” maka tampilan blog akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Perhatikan bahwa template sudah sesuai dengan template yang telah dipilih sebelumnya


9.      Jadilah Blog anda. Selesai 

1 komentar:

  1. Artikel yang sangat informatif. Terima kasih

    Salam, www.freenergi.com kontraktor vendor jasa pasang instalasi panel surya plts
    "Solusi Hemat Listrik Saat Work from Home"

    BalasHapus